Senin, 08 Desember 2014

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN

Diposting oleh Unknown di 20.46
STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
Masalah : Menarik diri
Pertemuan : I (satu)
A. PROSES KEPERAWATAN
1. Kondisi klien
DO :



DS:

2. Diagnosa keperawatan
Perubahan persepsi sensori : halusinasi b/d menarik  diri.
3. Tujuan khusus
Tuk 1. Klien dapat membina hubungan saling percaya.
4. Tindakan keperawatan
Tuk 1. Klien dapat membina hubungan saling percaya.
1.1        Bina hubungan saling percaya dengan prinsip komunikasi teraupetik.
1.2        Sapa klien dengan ramah baik vebal maupun non verbal.
1.3        Perkenalkan diri dengan sopan
1.4        Tanyakan nama lengkap klien dan nama kesukaan klien.
1.5        Jelaskan tujuan pertemuan.
1.6        Jujur dan menepati janji.
1.7        Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya.
1.8        Ciptakan lingkungan yang tenang dan bersahabat.
1.9        Beri perhatian dan penghargaan : temani klien walau tidak menjawab.
1.10    Dengarkan dengan empati beri kesempatan bicara, jangan buru– buru, tunjukkan bahwa perawat mengikuti pembicaraan klien.
B. STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN.
            FASE ORIENTASI
1.      Salam terapeutik.
Selamat pagi, …..
Perkenalkan nama saya Kunnika Mujhana, biasa dipanggil kaka. Saya dari Prodi Keperawatan Semarang.
Nama…………siapa ? biasanya dipanggil apa ? Saya yang akan membantu dan merawat ………….hari ini. Kalau butuh bantuan, dapat menghubungi saya.
2.      Evaluasi/ validasi
Bagaimana perasaan……………… saat ini ?
Semalam bisa tidur nyenyak ?
Obatnya sudah diminum ?
3.      Kontrak
Topik : Bagaimana kalau pagi ini kita ngobrol tentang kejadian dirumah, agar saya dapat membantu mengatasinya.
Waktu : ……………mau berapa lama bercakap- cakap, bagaimana kalau 10 menit.
Tempat : kita mau ngobrol dimana ? bagaimana kalau diruangan ini.

            FASE KERJA (langkah- langkah tindakan keperawatan) :
a.       Dirumah …………. Tinggal dengan siapa ?
b.      Siapa yang paling dekat dengan…………..?
c.       Apa yang membuat……………….dekat dengannya ?
d.      Bagus sekali, ………………dapat menyebutkan yang membuat dekat dengan seseorang.
e.       Dengan siapa ……………..tidak dekat ?
f.       Apa yang membuat………………tidak dekat
g.      Apa yang harus ………….…lakukan agar dekat dengan seseorang.

FASE TERMINASI
Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.
1.      Evaluasi subjektif.
Bagaimana perasaan ……………setelah kita bercakap- cakap.
2.      Evaluasi objektif
Tersenyum menatap perawat.
3.      Rencana tindak lanjut
Baik, bagaimana kalau …………….ingat- ingat kembali yang menyebabkan ………….dekat dengan seseorang dan siapa lagi kira- kira yang dekat dengan………..
4.      Kontrak yang akan datang
Bagaimana kalau nanti kita akan membicarakan tentang mengapa …………sering menyendiri.
Kita akan ketemu lagi jam berapa ? bagaimana kalau jam 10 nanti.
…………….mau berbincang- bincang dimana ? bagaimana kalau disini lagi.




STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
KLIEN DENGAN PERILAKU KEKERASAN

Pertemuan I


A.    PROSES KEPERAWATAN

    1. Kondisi Klien
                        DO :               

                        DS  :

    1. Diagnosa Keperawatan
                       
    1. Tujuan Khusus
                        TUK I : klien dapat membina hubungan saling percaya
    1. Tindakan Keperawatan
                        TUK I : klien dapat membina hubungan saling percaya
                        Bina hubungan saling percaya dengan prinsip komunikasi                                         terapeutik:
1.      Sapa klien denghan ramah baik verbal maupun non verbal
2.      Perkenalkan diri dengan sopan
3.      Tanyakn nama lengkap dan nama panggilan yang disukai klien
4.      Jelaskan tujuan pertemuan
5.      Jujur dan menepati janji
6.      Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya
7.      Beri perhatian pada klien dan perhatikan kebutuhan dasar klien            

B.     STRATEGI KOMUNIKASI

    1. Fase Orientasi
a. Salam Terapeutik
                                          Selamat pagi…….Nama saya Kunnika Mujhana, biasa                              dipanggil Kaka. Nama…..siapa ? Senang dipanggil siapa ?
b.Evaluasi/Validasi
                                          Bagaiman perasaan ……..hari ini ?
                                          Apakah……masih ingat, kenapa dibawa kesini ?
c. Kontrak
                                          Baiklah, bagaimana kalau kita berbincang-bincang                                     tentang hal-hal yang menyebabkan ………marah ? mau                             dimana kita bercakap-cakap ? Bagaimana kalu di……..?                                          Mau berapa lama ? Bagaimana kalau…….menit ?
    1. Fase Kerja
a.       Sekarang coba ………ceritakan kepada saya apa yang        membuat…………marah ?
b.      Apakah ada yang mebuat ………..kesal ?
c.       Apakah sebelumnya …………pernah marah ?
d.      Apa penyebabnya ? Sama dengan sekarang ?
e.       Baiklah, jadi ada………(missal 3 hal ) penyebab….marah
    1. Fase Terminasi
a.       Evaluasi Subyektif
                                       Bagaiman perasaan …setalah kita bercakap-cakap ?
b.      Evaluasi Obyektif
Coba….……sebutkan hal-hal yang membuat ……..marah ?Bagus sekali.
c.       Rencana Tindak Lanjut
                                       Baiklah, sekian dulu pembicaraan kita. Nanti coba                                                    ……ingat-ingat lagi penyebab….marah yang belum kita                                              bicarakan.                            
d.      Kontrak
                                       Bagaimana kalau kita nanti bicarakan lagi                                                                  penyebab………marah yang belum…ceritakan pada                                                   saya. Mau dimana kita bicara ? Bagaimana kalau di…..?                                                mau berapa lama ?    Bagaimana kalau….menit ?   



STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
Masalah : Harga diri rendah
Pertemuan : I (satu)
PROSES KEPERAWATAN
            1. Kondisi Klien
                 DS :

DO :


            2. Diagnosa Keperawatan
                
            3. Tujuan khusus
                 Tuk 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya
            4. Tindakan Keperawatan
                 Tuk 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya
a.       Sapa klien dengan ramah, baik verbal maupun non verbal
b.      Perkenalkan diri dengan sopan
c.       Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai
d.      Jelaskan tujuan pertemuan
e.       Jujur dan menepati janji
f.       Tunjukan sikap empati dan menerima klien apa adanya.

B.  STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
            FASE ORIENTASI
a.       Salam Teraupetik
Selamat pagi……. Nama saya.........................biasa dipanggil.................... Nama…..siapa ? Senang dipanggil apa ?                 
b.      Validasi
Bagaimana persaaan ……….hari ini ?Bagaimana tidurnya semalam ? Nyenyak ? Apakah ……masih ingat mengapa……….dibawa kesini ?
c.       Kontrak
Baiklah kalau begitu, bagaimana kalau kita berbincang-bincang tentang hobi atau kegiatan yang ……….sukai ?
Mau dimana kita berbincang-bincang ?
Bagaimana kalau di ruangan ini.
Mau berapa lama ? Bagaimana kalau 10 menit.

            FASE KERJA
-          Kalau boleh tahu, hobi………..….apa ?
-          Kegiatan apa yang sering…………...lakukan dirumah ?
-          Bagus………………kegiatan yang ……………bagus sekali.
-          Apakah…………….sering melakukan kegiatan tersebut ?
-          Apa yang menarik dari kegiatan tersebut ?
-          Apa ada kegiatan lain yang biasa …….…….lakukan ?

            FASE TERMINASI
1.      Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.
a.       Evaluasi Subyektif
Bagaimana perasaan ……….. setelah kita bercakap-cakap ?
b.      Evaluasi Obyektif
-          Klien mampu mengungkapkan atau mengulang kembali pembicaran
-          Klien mampu mempertahankan kontrak
-          Klien mau melakukan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
2.      Rencana Tindak Lanjut.
Coba ……………ingat- ingat lagi kegiatan – kegiatan yang sudah pernah………….lakukan selama ini.
3.      Kontrak
Saya kira, sekian dulu perbincangan kita hari ini. Nanti kita lanjutkan  dengan membahas tentang kemampuan yang ………… miliki baik itu dirumah, di sini ataupun ditempat lain. Menurut…………kita berbincang-bincang jam berapa ? bagaimana kalau jam 10 nanti.
Dimana tempatnya ? Bagaimana kalau di kursi belakang



STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
KLIEN  DENGAN  PERUBAHAN  PROSES  PIKIR : WAHAM KEBESARAN
( PERTEMUAN   PERTAMA )

A.   PROSES KEPERAWATAN

1.   Kondisi klien.
·      Bicara klien nglantur
·      Pembicaraan inkoheren dan tidak sesuai realita
2.   Diagnosa Keperawatan.
·      Resiko  perilaku kekerasan    b. d.   waham kebesaran
3.   Tujuan Khusus.
TUK 1. Klien dapat membina hubungan saling percaya
TUK 2.  Klien dapat menyebutkan kemampuan yang dimiliki
4.   Tindakan keperawatan
a.   Bina hubungan saling percaya
-      BHSP
-      Jangan membantah dan mendukung keyakinan klien
-      Yakinkan klien berada dalam keadaan aman dan terlindungi
-      Observasi apakah waham klien mengganggu aktivitas sehari-hari
b.  Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki
-      Beri pujian pada penampilan dan kemampuan klien yang realistis
-      Diskusikan dengan klien kemampuan yang dimiliki pada waktu lalu dan saat ini yang realistis
-      Jika klien bicara tentang wahamnya, dengarkan sampai kebutuhan waham tidak ada
B.   STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN

1.   ORIENTASI.
a.       Salam terapeutik.
“Selamat pagi mbak ?” perkenalkan nama saya Dayat, cukup panggil saya Dayat, nama mbak siapa ? senang dipanggil apa ?”
“Saya mahasiswa Unibraw Malang, saya disini selama 2 minggu, mulai hari senin kemarin, saya disini ingin membantu mas memecahkan masalah yang mas hadapi”
b.   Evaluasi / validasi.
“Bagaimana perasaan mbak pada sore hari ini ? kenapa mas dibawa kesini?”
c.   Kontrak.
Topik   : “Bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang kemampuan yang dimiliki mas saat ini ?”
Waktu     : “Mau berapa lama ? Bagaimana kalau 15 menit saja ?”
Tempat   : “Mau dimana kita bercakap-cakap? Bagaimana kalau disini saja?”
2.   KERJA ( Langkah-langkah tindakan keperawatan )
§  Apa yang biasa mbak lakukan di rumah ?
§  Sekarang, apa yang bisa dilakukan di RS ?
§  Bagus, sekarang coba sebutkan kemampuan mas yang lain?
3.   TERMINASI.
a.   Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.
Evaluasi klien (Subyektif)     :
·    “Bagaimana  perasaan mbak setelah kita bercakap-cakap ?”
Evaluasi perawat (Obyektif setelah reinforcement)  :
·     Coba sebutkan apa saja  kemampuan yang mbak lakukan! bagus !
b.   Tindak lanjut klien.
“Baiklah mbak, selanjutnya coba mas ingat-ingat kemampuan mas yang lain yang belum kita bicarakan”
c.   Kontrak yang akan datang.
                  Topik   : “Baiklah mbak, nanti kita akan melihat kemampuan mas yang mana yang masih dapat dilakukan di RS dan mana yang bisa dilakukan di rumah”
Waktu    : “Bagaimana kalau jam 16.00 sore, selama 15 menit ?”                                                         
Tempat : “Tempatnya mau dimana mbak? Bagaimana kalau diruang tamu?”



0 komentar:

Posting Komentar

 

SHARE D' MOMENT Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review